DOCTORS APRRECIATION VIDEO

http://www.4shared.com/folder/e_V7F5xx/My_4shared_Sync.html

Minggu, 04 September 2011

PENJAGAAN NUTRISI DALAM MASA PENGOBATAN (II)

Gizi dalam penjagaan kanker.
Kanker dan penanganan2 kanker dapat menyebabkan efek samping yang berhubungan dengan gizi.  Menu makanan adalah suatu bagian yang penting dari penanganan kanker. Memakan jenis2 makanan yang cocok sebelum, dalam dan sesudah penanganan dapat membantu pasien merasa lebih baik dan tetap lebih kuat. Untuk menyamin gizi yang wajar, seorang harus makan dan minum yang cukup atas makanan2 yang mengandung gizi2 yang pokok (vitamin2, mineral2, protein, karbohidrat, lemak, dan air). Gejala2 yang terganggu dengan makan termasuk anorexia (hilang selera makan), mual, muntah, diare, sembelit, luka mulut, kesulitan menelan, dan sakit. Rasa selera makan, penciuman, dan  kemampuan untuk makan cukup  makanan atau menyerap gizi2 dari makanan yang dipengaruhi. Kekurangan gizi2 yang pokok dapat berakibat, menybabkan pasien menjadi lemah, capek dan tidak dapat menolak infeksi2 atau menahan terapi2 kanker. Memakan terlalu sedikit protein dan kalori2 persoalan gizi yang paling umum dihadapi oleh banyak pasien kanker.Protein dan kalori2 adalah penting untuk penyembuhan, melawan kanker, dan memberikan tenaga.
Penyebab2 umum dari kekurangan gizi dalam pasien2 kanker.
1). Anorexia : Beberapa pasien dapat memiliki anorexia bila mereka terdyang iagnose dengan kanker. Hampir semua pasien yang kanker nya telah menyebar luas akan berkembang anorexia.
2). Cachexia : adalah suatu syndrome yang terbuang yang menyebabkan kecapekan, dan kehilangan berat, lemak, dan otot. Hal I ni biasanya terjadi pada pasien2 dengan tumor dari paru2, pancreas, dan  saluran gastrointestinal atas.
Efek kanker pada gizi.
 Kanker dapat merubah cara tubuh menggunakan makanan.
Tumor2 yang dapat menghasilkan zat2 kimia yang merubah cara tubuh menggunakan gizi2 tertentu. Penggunaan tubuh atas protein, karbohidrat, dan lemak dapat dipengaruhi, khususnya tumor2 dari lambung atau usus.
Obat2 dapat membantu menghilangkan gejala2 kanker dan efek2 samping yang menyebabkan hilangnya berat.
Penanganan awal atas gejala2 kanker dan efek2 samping yang mempengaruhi makan dan hilangnya berat adalah penting. Baik terapi gizi dan obat2 dapat membantu pasien untuk memelihara suatu berat yang sehat.
 Efek dari penanganan kanker pada gizi.
1). Efek pembedahan pada gizi.
Pembedahan meningkatkan kebutuhan tubuh untuk gizi dan energy. Tubuh membutuhkan ekstra energy dan gizi2 untuk menyembuhkan luka2, melawan infeksi, dan sembuh dari pembedahan. Jika pasien kekurangan gizi sebelum pembedahan, maka kemungkinan komplikasi dalam penyembuhan seperti penyembuhan yang susah atau infeksi.
2). Efek dari kemoterapi pada gizi.
Kemoterapi dapat mempengaruhi seluruh tubuh.
Kemoterapi adalah suatu penanganan kanker yang menggunakan obat2 untuk menghentikan pertumbuhan sel2 kaner, baik dengan membunuh sel2 itu atau menghentikan sel2 itu dari pembelahan. Karena kemoterapi mentargetkan sel2 yang membelah dengan cepat, sel2 sehat yang bertumbuh secara normal dan membelah dengan cepat mungkin juga dipengaruhi dengan penanganan2 kanker. Sel2 ini termasuk sel2 dalam mulut dan saluran pencernaan.
Efek dari tulang sumsum dan pencangkukan sel2 induk pada gizi.
Pasien2 pencangkukan tulang sumsum dan sel2 induk adalah cara2 dari penggantian pembentukan sel2 darah yang telah dirusak oleh penanganan kanker dengan dosis tinggi dari terapi radiasi dan kemoterapi. Sel2 induk (sel2 darah  yang belum matang) diambil dari tulang sumsum pasien atau seorang donor dibekukan dan disimpan. Setelah kemoterapi dan terapi radiasi telah selesai, sel2 induk yang telah disimpan dicairkan dan diberikan kembali pada pasien melalui suatu infuse. Dalam waktu yang singkat, sel2 induk yang diinfus kembali ini tumbuh kedalam (dan diperbarui) sel2 darah tubuh. Kemoterapi, terapi radiasi, dan pengobatan2 yang digunakan dalam proses pencangkukan dapat mempengaruhi efek2 samping yang membuat seorang pasien dari makan dan pencernaan makanan sebagaimana biasanya.
Manfaat2 dan resiko2 dari dukungan gizi berubah untuk tiap pasien.
Keputusan tentang penggunaan dukungan gizi harus dibuat dengan pertimbangan2 sbb :
1). Akankah kwalitas dari hidup bisa meningkat?
2). Apakah manfaat2 yang  melebihi resiko2 dan biaya2?
3). Apakah ada suatu petunjuk yang lanjutan? Sebuah petunjuk lanjutan adalah suatu perintah yang tertulis tentang ketentuan atas penjagaan kesehatan atau kekuatan dari pengacara dalam kejadian seseorang tidak dapat lebih lama membuat keinginan2nya diketahui.
4). Apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan2 dari keluarga?
Pasien2 kanker dan para pengasuh berhak membuat keputusan2 tidak formil. Team penangan kesehatan, dengan petunjuk dari seorang pakar menu makanan, harus memberitahukan pasien2 dan para pengasuhnya tentang manfaat2 dan resiko2 atas penggunaan dukungan gizi dalam penyakit yang agak parah. Dalam kebanyakan kasus, resiko2 lebih berat dari manfaat2. Namun, Bagi beberapa orang yang masih memiliki kwalitas dari hidup yang baik tetapi dengan hambatan2 physik untuk mencapai makanan yang cocok dan air melalui mulut, pencarian cara pemasukan mungkin adalah layak.
Dukungan kebapaan adalah tidak biasanya layak. Keuntungan dan kerugian dari cara pemasukan gizi termasuk berikut :
Manfaat-manfaat
Resiko-resiko
1). Dapat meningkatkan kewaspadaan
2). Dapat memberikan kenyamanan bagi keluarga
3). Dapat menurunkan mual.
4). Dapat menurunkan keputusasaan dan ketakutan dari pengabaian                                            
1). Dapat menyebabkan diare atau sembelit.
2). Dapat menambah mual.
3). Memerlukan pembedahan untuk penggantian atas sebuah tabung melalui bagian perut.
4). Resiko tersedak atau pneumonia yang bertambah.
5). Resiko infeksi yang bertambah.
6). Menciptakan suatu beban yang lebih berat bagi pengasuh.

Petunjuk yang berlaku untuk menggalakan kesehatan yang umum dan keadaan yang baik termasuk yang berikut :
1). Makanlah masakan yang kaya gizi dengan kalori yang terbatas.
2). Memelihara suatu berat badan yang sehat.
3). Latihan secara teratur.
4). Makan suatu variant dari buah2an, sayuran2, semua padi2an, dan produk2 harian yang rendah lemak setiap hari.
5). Makan yang kurang lemak dan elak trans asam berlemak (trans fatty acid).
6). Pilih buah2an yang kaya fiber, sayuran2, dan selalu semua padi-padian.
7). Makan sedikit makanan yang garamnya tinggi. Pilih lebih banyak makanan yang tinggi kalium (seperti pisang, bayam, dan kentang2).
8). Orang2 yang memilih untuk minum minuman yang berakohol harus dilakukan secara modern. Orang2 tertentu harus mengelak alcohol secara total.
9). Pelihara keamanan makanan dlm pikiran bila menyiapi, menyimpan, dan menyajikan makanan.


Pencegahan kanker.
Pilihan2 makanan yang sehat dan kegiatan  membantu mengurangi resiko dari  kanker. Masyarakat Kanker Amerika dan Lembaga riset kanker amerika yang kedua2nya adalah sama mengembangkan petunjuk2 pencegahan kanker.
Menu2 makanan dan petunjuk2 latihan berikut dapat membantu mengurangi resiko dari kanker :
1). Makan suatu menu makanan yang berbasis tanaman. Makan paling sedikit 5 hidangan buah dan sayuran2 setiap hari. Termasuk kacang yang bergizi dan makan produk2 padi-padian (seperti gandum2, roti2, dan pasta) beberapa kali sehari.
2). Pilih makanan2 yang rendah lemak.
3). Pilih makanan2 yang rendah garam.
4). Mengusahakan dan menjaga pada suatu berat yang sehat.
5). Paling sedikit hrs secara modern aktif 30 menit dalam kebanyakan hari dalam seminggu.
6). Batasi minuman2 berakohol.
7). Siapi dan simpan makanan secara aman.
8). Jangan gunakan tembakau dalam bentuk apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar