DOCTORS APRRECIATION VIDEO

http://www.4shared.com/folder/e_V7F5xx/My_4shared_Sync.html

Sabtu, 10 September 2011

KANKER PARU-PARU

Jenis2 dari kanker paru-paru
Kanker Paru2 disebutkan pada kanker2 yang dimulai pada paru2, biasanya dari sel2 yang melapisi bagian2 udara. Ada jenis 2 jenis besar dari kanker paru2 yaitu kanker paru2 sel tidak kecil dan kanker paru2 sel kecil, tergantung pada bagaimana sel2 itu dilihat di bawah sebuah mikroskop. Tiap jenis dari kanker paru2 tumbuh dan menyebar dengan cara2 yang berbeda dan ditangani secara berbeda.
Kanker paru2 sel tidak kecil : Ini adalah yang paling umum dari kanker paru2 yang terhitung lebih dari 75% dari kanker paru2. Ada 3 jenis kecil dari kanker paru2 sel yang tidak kecil yaitu : Adenocarinoma, Squamous cell carcinoma, dan sel besar Carinoma. Ketiga jenis kecil ini secara umum memiliki sikap pertumbuhan,penanganan dan pandangan.
Kanker paru2 sel kecil : Ini (kadang2 disebut sebagai kanker sel gandum) adalah kurang umum. Kanker paru2 seperti itu tumbuh cepat dan lebih cendrung menyebar pada organ2 tubuh lain.
Bila kanker menyebar dari tempat asalnya ke bagian lain dari tubuh, maka tumor itu mempunyai sel2 kanker jenis yang sama dan nama yang sama dengan kanker asal. Misalnya : Bila kanker payu dada menyebar pada paru2, sel2 kanker dalam paru2 sebenarnya adalah sel2 kanker payudada.  Penyakit itu adalah kanker payu dada metastatic bukan kanker paru2.
Faktor2 resiko.
Dokter tidak dapat selalu menerangkan mengapa seseorang berkembang kanker paru2 dan yang lain tidak. Namun, kita tahu bahwa seseorang dengan faktor2 resiko tertentu dapat lebih cendrung daripada yang lain untuk berkembang kanker paru2.
Tembakau rokok : Tembakau rokok adalah faktor resiko yang paling penting bagi kanker paru2. Lebih 8 dari 10 kanker paru2 seluruh dunia dipikirkan akibat dari merokok. Merokok rokok, pipa2, atau cerutu dapat menyebabkan kanker paru2. Perokok tangan kedua dapat juga menyebabkan kanker paru2 pada bukan perokok. Lebih dari satu orang yang dinyatakan merokok, resiko yang lebih besar adalah kanker paru2. Berhenti dari merokok dapat menurunkan resiko dari kanker paru2 seiring waktu berlalu.
Radon : Radon adalah gas radioaktif yang tidak dapat anda lihat, cium, atau rasa. Bahan ini terbentuk dalam kotoran dan batuan.
Asbestos dan zat2 lainnya : Kedapatan pada asbes, arsenic (racun keras), nikel, jelaga/ sulang, aspal dan zat2 lainnya dapat menyebabkan kanker paru2.
Polusi udara : Polusi udara mungkin sedikit agak meningkatkan resiko dari kanker paru2.
Sejarah keluarga dari kanker paru2 : Orang dengan seorang ayah, ibu, saudara laki2, atau saudara  perempuan yang memiliki kanker paru2 mungkin sedikit agak cendrung berisiko dari penyakit itu walaupun mereka tidak merokok.

Sejarah pribadi dari kanker paru2 : Orang yang memiliki kanker paru2 adalah berisiko meningkat untuk berkembangnya sebuah tumor paru2 yang kedua.
Diatas 65 tahun, Kebanyakan  orang yang lebih dari 65 tahun waktu terdiagnose dengan kanker paru2.
Screening (Penyaringan).
Saat ini, tidak ada uji penyaringan yang diterima umum untuk kanker paru2. Beberapa bulan dari pendeteksi kanker paru2 telah dipelajari sebagai uji penyaringan yang mungkin. Cara2 di  bawah studi termasuk test2 dari dahak, sinar X dada, atau CT scan dari dada.
Namun, test2 penyaringan memiliki resiko2. Misalnya : sebuah sinar X yang tidak normal dapat menuju pada prosedur2 (seperti pembedahan untuk mengecek sel2 kanker), tetapi seorang dengan sebuah test tidak normal mungkin menghasilkan tidak ada kanker paru2. Studi2 yang begitu jauh tidak menunjukkan bahwa test2 penyaringan lebih sedikit jumlah kematian dari kanker paru2.
Anda mungkin ingin bicara dengan dokter anda tentang faktor2 resiko anda sendiri dan manfaat2 serta kerugian setelah disaring untuk kanker paru2. Seperti banyak keputusan medis lainnya, keputusan untuk disaring (screened) adalah suatu yang pribadi. Keputusan anda mungkin lebih enteng setelah mempelajari pro dan kontra atas screening.
Gejala2 dari kanker paru2.
Kanker paru2 awal selalu tidak menyebabkan gejala2. Tapi bila kanker itu tumbuh, gejala2 umum mungkin termasuk :
1). Sebuah batuk yang bertambah buruk atau tidak mau hilang.
2). Kesulitan pernafasan, seperti kependekan dari pernafasan.
3). Dada yang selalu sakit.
4). Batuk keluar darah.
5). Suatu suara yang parau (serak).
6). Seringnya infeksi paru2 seperti radang paru2.
7). Perasaan sangat lelah sepanjang waktu.
8). Kehilangan berat dengan tidak diketahui alasannya.
Kebanyakan dari gejala2 ini bukan dikarenakan oleh kanker. Persoalan2 kesehatan lainnya dapat menyebabkan beberapa dari gejala2 seperti ini. Setiap orang dengan gejala2 seperti ini harus memeriksakan diri pada seorang dokter untuk didiagnose dan ditangani sedini mungkin.

Diagnose kanker paru2.
Bila anda telah memiliki suatu gejala yang menunjukkan kanker paru2, dokter anda mesti mencaritahu apakah gejala itu dari kanker atau yang lain. Dokter anda mungkin Tanya tentang pribadi dan sejarah pengobatan keluarga anda. Dokter anda dapat suruh test2 darah dan anda dapat melakukan test2 sbb:
1). Pemeriksaan physic : Dokter anda mengecek tanda2 umum dari kesehatan, mendengar pada pernafasan anda, dan mengecek cairan dalam paru2. Dokter anda dapat merasa ada lymph nodes yang bengkak pada leher dan sebuah hati yang bengkak.
2). CT scan : Dokter selalu menggunakan CT scan untuk mengambil gambar2 jaringan dalam dada. Gambar2 itu dapat menunjukkan sebuah tumor, cairan yang tidak normal, atau lymph nodes yang bengkak.
3). Computed Tomography (CT) scan.
Pencarian sel2 kanker paru2.
Cara yang paling yakin untuk mengetahui apakah ada kanker paru2 adalah seorang ahli patologi untuk mengecek sample2 dari sel atau jaringan. Ahli patologi mempelajari sample di bawah sebuah mikroskop dan melakukan test2 lain.
Dokter anda dapat menyuruh satu atau lebih dari test2 untuk mengambil samples :
1). Sputum cytology :Cairan yang kental (sputum) dibatukan keluar dari paru2. Laboratorium mengecek samples dari cairan itu untuk sel2 kanker.
2). Thoracentesis : pasien2 dengan cairan dalam rongga dada (pleural effusion), dokter dapat menggunakan sebuah jarum untuk mengambil cairan (pleural fluid) dan mengirim cairan itu pada lab auntuk mengecek kanker paru2.
3). Bronchoscopy : Dokter memasukkan sebuah tabung yang kurus dan bersinar (sebuah bronchoscope) melalui hidung atau mulut ke dalam paru2. Pipa ini memungkinkan suatu pengujian paru2 dan bagian udara yang dihubungkan dengan itu. Dokter dapat mengambil sebuah sample dari sel dengan sebuah jarum, sikat, atau alat lainnya. Dokter juga mungkin mencuci area itu dengan air untuk menggumpulkan sel2 dalam air.
4). Fine-needle aspiration (FNA) : Dokter menggunakan sebuah jarum yang halus untuk mengambil jaringan dari tumor paru2 atau lymph node yang diperbesar. Sering sekali sebuah CT scan digunakan untuk mengarhkan jarum pada tumor paru2 atau lymph node. Pasien2 dengan nodes leher yang gamblang diperbesar, suatu biopsy jarum pada nodes leher dapat dilakukan dalam klinik dokter.
5). Open biopsy : Pada beberapa kasus dimana diagnose histological atas tumor paru2 tidak dilakukan, diperlukan open biopsy untuk tumor paru2 dengan pembiusan biasa. Ini dapat dilakukan baik melalui pembedahan lubang utama (thoracospy) atau suatu pembedahan terbuka yang formil (thoracotomy).
Anda mungkin ingin menanyakan pertanyaan2 berikut sebelum dokter mengambil sebuah sample dari jaringan :
1). Prosedur mana yang anda usulkan? Bagaimana jaringannya diambil?
2). Perlukan saya tinggal di rumah sakit? Jika perlu, berapa lama?
3). Berapa lama tindakan itu akan berlangsung? Apakah saya dalam keadaan sadar? Apakah akan luka?
4). Apakah ada resiko2? Apa  yang menjadi kemungkinan bahwa prosedur itu yang akan membuat paru2 saya gagal? Apa ada kemungkinan infeksi atau pendarahan setelah prosedur itu?
5). Berapa cepat saya akan mengetahui hasilnya? Siapa yang akan menjelaskannya kepada saya?
Tahapan2 dari kanker paru2.
Untuk mengetahui pandangan dan rencana penanganan yang terbaik, dokter anda perlu untuk mengetahui jenis dari kanker paru2 dan batasan (tahapan) dari penyakit. Pemberi tahapan adalah suatu usaha yang berhati2 untuk mencari tahu apakah kanker itu telah menyebar dan kalo sudah, pada baagian apa dari tubuh.
Kanker paru2 menyebar melalui lymphatics yang melibatkan lymph nodes sepanjang saluran udara dan pada dasar dari leher diatas tulang leher. Sel2 kanker paru2 dapat juga menyebar melalui peredaran darah yang melibatkan bagian lain dari paru2, otak, tulang, hati, dan kelenjar adrenal (sebuah kelenjar kecil yang duduk pada bagian atas dari ginjal).
Pemberian tahapan dapat melibatkan test2 darah dan lainnya:
1). CT scan : CT scan pada dada dapat menunjuk lokasi, ukuran, ukuran, dan batasan dari gangguan tumor kanker yang dasar. Test ini juga menunjuk keterlibatan dari bagian paru2 lain (jika ada), keberadaan dari cairan pleural dan ada tidaknya lymph nodes yang membesar dalam mediastinum sepanjang saluran udara. CT scan otak yang membebani otak, CT scan bagian perut dapat menunjuk kanker yang telah menyebar pada hati, kelenjar adrenal atau organ2 lainnya.
2). Bone scan : Sebuah bone scan dapat menunjuk kanker yang telah menyebar pada tulang2 anda. Anda menerima sebuah suntikan dari sejumlah kecil suatu zat radiaaktif. Zat ini melintas darah anda dan terkumpul dalam tulang2 anda. Sebuah mesin yang dinamakan scanner membuat gambar2 dari tulang2 anda pada sebuah screen computer atau pada film.
3). MRI : Dokter anda mungkin suruh gambar2 MRI dari otak anda, tulang2, atau jaringan2 lain. MRI menggunakan sebuah magnet yang sangat kuat yang dihubungkan dengan sebuah computer dan tidak ada radiasi yang terlibat. MRI adalah lebih sensitive dalam memetik metastases dibandingkan dengan sebuah CT scan.
4). PET/ CT scan : Dokter anda mungkin menggunakan sebuah PET/Ct scan untuk mencarikan kanker yang telah menyebar. Anda menerima sebuah suntikan dari sejumlah kecil gula radiaaktif. Sebuah mesin membuat gambar2 yang dikomputerais atas gula yang telah digunakan oleh sel2 dalam tubuh. Sel2 kanker menggunakan gula lebih cepat dari sel2 normal, area2 dengan kanker kelihatan lebih terang da gambar2.
Tahapan dari sel kecil kanker paru2.
Dokter2 menerangkan sel kecil kanker paru2 dengan menggunakan dua tahapan :
1). Tahapan terbatas : Kanker hanya diketemukan pada salah satu paru2 dan jaringan2 terdekatnya.
2). Tahap meluas : Kanker diketemukan dalam paru2 yang berlawan dengan tumor dasarnya atau kanker diketemukan dalam organ2 yang jauh.
Pilihan2 penanganan adalah berbeda untuk tahap yang terbatas dengan yang meluas bagi sel kecil kanker paru2.
 Tahapan dari bukan sel kecil kanker paru2.
Dokter2 menerangkan kanker paru2 yang bukan sel kecil didasarkan pada ukuran dari tumor paru2 dan apakah kanker telah menyebar pada lumph nodes atau jaringan2 lainnya.
Tahap I : Tidak ada keterlibatan dari lymph nodes (hilar) yang terdekat. Tumor paru2 dapat kurang dari 3 cm (tahap A) atau lebih dari 3 cm (tahap 1B). Tahap 1B juga termasuk tumor dimana telah tumbuh kedalam cabang tenggorokan utama atau tumbuh melalui paru2 kedalam pleura.
Tahap IIA : Tumor paru2 yang kurang dari 3 cm dengan keterlibatan dari lymph nodes (hilar) yang terdekat.
Tahap IIB : termasuk tumor2 berikut :
1). Sel2 kanker yang tidak diketemukan dalam lymph nodes (hilar) yang terdekat, tapi tumor itu menyerbu dinding dada, diaphragm, pleura, cabang tenggorakan utama, atau jaringan yang mengelilingi hati.
2). Sel2 kanker diketemukan dalam lymph nodes (hilar) yang terdekat dan salah satu dari berikut :
a). Tumor itu lebih dari 3 cm melintang.
b). Tumor itu telah tumbuh ke dalam cabang tenggorokan utama.
c). Tumor itu telah tumbuh melalui paru2 kedalam pleural.
3). Tahap IIIA : Tumor itu mungkin dalam semua ukuran. Sel2 kanker diketemukan dalam lymph nodes (mediastinal) diantara paru2 sepanjang pipa angin pada sisi yang sama dari dada seperti tumor paru2.
4). Tahap IIIB: Tumor itu mungkin dalam semua ukuran. Sel2 kanker diketemukan dalam lymph nodes (mediastinal) sepanjang pipa angin pada sisi dada yang berlawanan dari tumor paru2 atau pada leher. Tumor itu mungkin telah menyerbu organ2 yang terdekat, seperti hati, tenggorokan,  atau batang tenggorokan. Lebih dari satu yang tumbuh ganas mungkin diketemukan diantara kuping yang sama dari paru2. Dokter anda mungkin menemukan sel2 kanker dalam cairan pleural.
5). Tahap IV : Pertumbuhan2 yang ganas mungkin diketemukan pada lebih dari kuping dari paru2 yang sama atau dalam paru2 yang lain. Atau sel2 kanker mungkin dapat diketemukan pada bagian2 tubuh yang lain, seperti otak, kelenjar adrenal, atau tulang.
Penanganan untuk kanker paru2.
Pilihan penanganannya tergantung terutama pada jenis dari kanker paru2 dan tahapannya. Orang dengan kanker paru2 yang mungkin perlu pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, terapi yang ditargetkan, atau suatu penanganan2 gabungan.
Orang dengan tahapan terbatas kanker paru2 sel kecil biasanya perlu terapi radiasi dan kemo terapi. Untuk sebuah tumor paru2 yang sangat kecil, seseorang mungkin perlu pembedahan dan kemoterapi. Kebanyakan orang dengan tahap yang meluas kanker paru2 sel kecil adalah hanya ditangani dengan kemoterapi saja.
Orang dengan kanker paru2 yang bukan sel kecil mungkin perlu pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, atau suatu gabungan dari penanganan2. Pilihan penanganan adalah berbeda untuk masing2 tahapan. Beberapa orang dengan kanker yang hebat mendapat terapi yang ditargetkan.
Penanganan kanker baik terapi local atau systemic :
1). Terapi local : Terapi pembedahan dan radiasi adalah terapi2 lokal. Mereka menghilang dan merusak kanker dalam dada. Bila kanker paru2 telah menyebar pada bagian lain dari tubuh, terapi local mungkin digunakan untuk mengkontrol penyakit itu pada area2 yang tertentu. Misalnya, Kanker paru2 yang telah menyebar pada otak mungkin dikontrol dengan terapi radiasi pada kepala.
2). Terapi systemic : Kemoterapi dan terapi yang ditargetkan adalah terapi2 systemic. Obat2 yang dimasukkan aliran darah dan merusak atau mengkontrol kanker seluruh tubuh.
Dokter anda dapat menerangkan pilihan2 penanganan anda dan hasil2 yang diharapkan. Anda mungkin ingin tahu tentang efek2 samping dan bagaimana penanganan dapat merubah kegiatan normal anda. Karena penanganan2 kanker selalu merusak sel2 dan jaringan2 yang sehat, efek2 samping adalah umum. Efek2 samping terutama tergantung pada jenis dan batasan dari penanganan. Efek2 samping tidak dapat sama pada setiap orang, dan mungkin berbeda dari satu sesi ke sesi yang berikut. Sebelum penanganan dimulai, team pangawas kesehatan anda akan menjelaskan efek2 samping yang mungkin dan mengusulkan cara2 untuk membantu anda untuk mengatasinya.
Anda dan dokter anda dapat bekerja sama untuk mengembangkan sebuah rencana penanganan yang memenuhi keperluan2 pribadi dan pengobatan anda.

Anda mungkin igin menanya kepada dokter anda pertanyaan2 berikut sebelum penanganan anda dimulai :
1). Apa tahapan dari penyakit saya? Kankernya telah menyebar dari paru2? Jika ya, kemana?
2). Apa pilihan dari penanganan saya? Yang mana usulan dari anda untuk saya? Mengapa?
3). Apa manfaat2 yang diharapkan dari penanganan?
4). Apa resiko2 dan efek2 samping dari masing2 penanganan? Apa yang dapat saya lakukan untuk mengkontrol efek2 sampingnya?
5). Apa yang dapat saya siapkan untuk penanganan?
6). Apakah perlu saya tinggal di rumah sakit? Bila perlu, berapa lama?
7). Apakah penanganannya cendrung mahal? Apakah perusahaan asuransi akan menutup costnya?
8). Bagaimana penanganannya akan mempengaruhi kegiatan2 normalku?
Surgey (pembedahan).
Pembedahan untuk kanker paru2 mengambil jaringan yang berisikan tumor. Ahli bedah juga mengambil lymph nodes terdekat.
Ahli bedah mengambil bagian atau seluruh paru2:
1). Suatu bagian kecil dari paru2 (wedge resection atau segmentectomy) : Ahli bedah mengambil tumor itu atau sebagian kecil dari paru2.
2). Sebuah kuping dari paru2 (lobectomy atau sleeve lobectomy) : Ahli bedah mengambil sebuah kuping dari paru2. Tindakan ini adalah yang paling sering untuk kanker paru2.
3). Seluruh paru2 (pneumonectomy) : Ahli bedah mengambil seluruh paru2.
Pembedahan yang paling banyak kasusnya adalah pengambilan sebuah kuping paru2 bersama dengan tumor itu (lobectomy).
Setelah bedah paru2, udara dan carian terkumpul dalam dada. Sebuah tabung dada membuat cairan terkuras. Juga, seorang suster atau terapi pernafasan akan mengajari anda latihan batuk dan pernafasan. Anda perlu untuk melakukan latihan2 itu bebeapa kali dalam satu hari.
Waktu yang diperlukan untuk penyembuhan setelah pembedahan adalah berbeda untuk setiap orang. Penginapan  di rumah sakit mungkin perlu satu minggu atau lebih. Mungkin bisa beberapa minggu sebelum anda kembali pada kegiatan2 normal.

Anda mungkin ingin Tanya dokter pertanyaan2 berikut sebelum menjalani pembedahan :
1) . Apa jenis dari pembedahan yang anda usulkan untuk saya?
2). Bagaimana yang saya rasakan setelah pembedahan?
3). Bila saya merasa sakit, bagaimana sakit itu bisa dikontrol?
4). Berapa saya akan nginap di rumah sakit?
5). Apakah saya akan memiliki efek2 sampingan yang kekal?
6). Kapan saya kembali pada kegiatan2 normalku?
Terapi Radiasi.
Terapi radiasi yang menggunakan sinar2 yang berkekuatan tinggi untuk membunuh sel2 kanker. Penyinaran itu hanya mempengaruhi sel2 pada area yang ditangani.
Anda mungkin dapat menerima radiasi eksternal dan ini adalah jenis yang paling umum dari terapi radiasi untuk kanker paru2. Radiasi berasal dari sebuah mesin besar diluar tubuh. Kebanyakan orang pergi ke sebuah rumah sakit atau klinik untuk penanganan. Penanganannya biasa dilakukan 5 hari dalam seminggu (senin s/d  jumat) untuk beberapa minggu.
Efek2 samping terutama tergantung pada jenis dari terapi radiasi, dosis dan lamanya radiasi, dan  bagian dari tubuh anda yang  ditangani.
Terapi radiasi eksternal pada dada mungkin dapat melukai kerongkongan, menimbulkan persoalan2 dengan pembengkakan. Anda juga dapat merasa sangat capek. Sebagai tambahan, kulit anda pada area yang ditangani mungkin menjadi merah, kering, dan lembut.
Anda mungkin ingin menanya dokter pertanyaan berikut sebelum dilakukan terapi radiasi:
1). Mengapa saya perlu penanganan ini?
2). Jenis dari terapi radiasi apa yang diusulkan untuk saya?
3). Kapan penanganannya akan dimulai? Kapan akan berakhir?
4). Bagaimana yang saya rasakan selama penanganan?
5). Apakah ada efek2 sampingan yang abadi?



Kemoterapi.
Kemoterapi yang menggunakan obat2 anti kanker untuk sel2 kanker. Obat2 dimasukan ke dalam aliran darah dan dapat mempengaruhi sel2 kanker seluruh tubuh. Biasanya, lebih dari satu jenis obat yang diberikan. Obat2 anti kanker untuk kanker paru2 biasanya diberikan melalui sebuah pembuluh darah (intravenous). Beberap obat anti kanker dapat dilakukan melalui mulut.
Kemoterapi diberikan dalam beberapa putaran. Anda memiliki periode beristirahat setelah tiap periode penanganan. Lamanya dari periode beristirahat dan jumlah dari putaran2 tergantung pada obat2 anti kanker yang digunakan. Kemoterapi biasanya diatur dalam klinik. Beberapa orang mungkin perlu tinggal di rumah sakit untuk penanganan.
Efek samping terutama tergantung pada obat2 mana yang digunakan dan berapa banyak? Obat2 itu dapat melukai sel2 normal yang membagi dengan cepat.
1). Sel2 darah merah : Bila kemoterapy menurunkan tingkat kesehatan dari sel2 darah anda, anda adalah lebih cendrung untuk mendapatkan infeksi2 (perhitungan sewl darah putih rendah), memar atau gampang berdarah (trombosit rendah), dan merasa sangat lelah dan capek (sel2 darah merah atau hemoglobin rendah). Team kesehatan anda akan memberikan test2 darah untuk mengecek tingkat2 rendah dari sel2 darah. Bila tingkat2nya adalah rendah, ada obat2 yang dapat membantu tubuh anda untuk membuat sel2 darah baru.
2). Sel2 pada akar2 rambut : Kemoterapi dbapat menyebabkan kehilangan rambut. Rambut anda akan tumbuh kembali setelah penanganan berakhir, tapi akan agak berbeda dalam warna dan susunan.
3). Sel2 yang bertalian dengan saluran pencernaan : Kemoterapi dapat menyebabkan nafsu makan yang jelek, mual dan muntah, diare, atau mulut dan bibir luka. Pengobatan2 yang efektif mencegah mual dan muntah saat ini tersedia.
Beberapa obat untuk kanker paru2 dapat menyebabkan hilang pendengarannya, sendi yang sakit, dan perasaan geli atau mati rasa pada kaki dan tangan anda. Efek2 samping ini biasanya hilang setelah penanganan berakhir.
Selama penanganan, team kesehatan anda akan memperhatikan tanda2 dari persoalan2nya. Efek2 samping biasanya hilang setelah penanganan berakhir.
Terapi yang ditargetkan.
Terapi yang ditargetkan menggunakan obat2 yang menghambat pertumbuhan dan penyebaran dari sel2 kanker. Karena terapi yang ditargetkan mempengaruhi sel2 kanker secara khusus dan tidak mempengaruhi sel2 tubuh normal begitu banyak, maka cara ini lebih efektif dan memiliki efek2 smping yang lebih sedikit. Terapi yang ditargetkan untuk kanker paru2 dapat diberikan melalui sebuah pembuluh darah (intravenous infusion) atau lewat mulut (tablet2).
Satu kelompok dari alat2 yang ditargetkan mencegah dan mengurangi pembentukan kapal2 darah baru dalam tumor, sehingga mmbuat lapar tumor dari supply darah dan gizinya. Efek2 samping dari alat2 ini mungkin termasuk pendarahan, batuk darah, bintik merah pada kulit, tekanan darah tinggi, atau sakit bagian perut.
Kelompok lain (faktor2 pertumbuhan epidermal receptor inhibitor) yang menekan pertumbuhan dan penyebaran dari sel2 tumor. Efekw samping dari alat2 ini dapat termasuk bintik merah pada kulit, diare, perubahan2 kuku, dan kependekan bernafas. Banyak alat2 baru yang ditargetkan sedang dikembangkan dan dicoba untuk kanker paru2.
Anda dapat menanyakan pertanyaan2 berikut kepada dokter sebelum menjalani kemoterapi dan terapi yang ditargetkan :
1). Obat2 apa yang akan saya dapatkan? Manfaat2 apa yang diharapkan?
2). Kapan penanganan akan dimulai? Kapan penanganan akan berakhir? Berapa sering saya menjalani penanganan?
3). Kemana saya pergi untuk menjalani penanganan?
4). Apa yang dapat saya lakukan untuk menjaga diri selama penanganan?
5). Bagaimana saya akan mengetahui penanganannya sedang bekerja?
6). Efek2 samping apa yang harus saya laporkan kepada anda? Dapat saya mencegah atau menangani setiap dari efek2 sampingnya?
Kanker paru2 dan penanganannya dapat menimbulkan persoalan2 kesehatan lainnya.
1). Sakit : Dokter anda atau seorang spesialis control sakit dapat mengusulkan cara2 untuk menghilangkan atau mengurangi sakit.
2). Kependekan bernafas atau kesulitan pernafasan : Orang dengan kanker paru2 selalu mengalami kesulitan pernafasan. Dokter anda akan menentukan sebab2 dari kependekan pernafasan agar dapat menentukan sebuah cara penanganan yang efektif. Terapi oksigen mungkin digunakan oleh beberapa pssien.
3). Cairan dalam atau sekitar paru2 : Kanker yang hebat dapat menyebabkan cairan untuk berkumpul pada atau sekitar paru2. Akumulasi cairan seperti itu dapat membuatnya sulit untuk bernafas. Team kesehatan anda dapat mengambil cairan ketikanya terbentuk. Beberapa orang mungkin  perlu tabung2 dada untuk menguras cairan itu.
4). Pheumonia : Pasien2 kanker paru2 adalah lebih cendrung pada infeksi paru2 (pneumonia). Cara ini ditangani dengan antibiotik2. Anda dapat menjalani Sinar X dada untuk mengecek infeksi2 paru2.
5). Kanker yang menyebar pada otak : Kanker paru2 dapat menyebar pada otak. Gejala2nya mungkin termasuk sakit kepala, kejang, susah berjalan, dan persoalan2 dengan keseimbangan. Pengobatan untuk meringankan pembengkakan adalah terapi radiasi atau kadang2 pembedahan dapat membantu.
6). Kanker yang menyebar pada tulang : Kanker paru2 yang menyebar pada tulang dapat menjadi sakit dan tulang2 yang lemah. Anda dapat meminta obat sakit dan dokter dapat mengusulkan terapi radiasi eksternal. Dokter dapat juga memberikan anda obat2 untuk membantu memperkecil resiko dari patah sebuah tulang.
7). Kesedihan dan perasaan2 lainnya : Adalah normal untuk merasa sedih cemas, atau binggung setelah sebuah diagnose atas suatu kesakitan yang serius. Beberapa orang menemukan cara yang membantu untuk membicarakan perasaan2 mereka.
Diet untuk pasien2 kanker.
Adalah penting bagi anda untuk menjaga diri anda dengan makan yang baik. Anda butuh jumlah dari kalori yang tepat untuk memelihara suatu berat yang baik. Sebagai tambahan, anda perlu protein yang cukup untuk memerihara kekuatan anda. Makan yang baik dapat membantu anda merasa lebih baik dan lebih kuat.
Kadang2, khususnya dalam atau segera sesudah penanganan, anda mungkin tidak merasa ingin makan. Anda mungkin merasa tidak enak atau capek. Anda dapat merasakan bahwa makanan2 tidak terasa seenak seperti apa adanya. Sebagai tambahan, Efek2 samping dari penanganan (seperti selera makan yang jelek, mual, muntah, atau luka mulut) dapat membuatnya sulit untuk makan dengan baik.
Follow Up Care :
Anda akan perlu check up check up beraturan setelah penanganan untuk kanker paru2. Walaupun tidak ada tanda2 dari kanker, penyakit itu kadang2 membalik karena sel2 kanker yang tidak terdeteksi tersisa pada beberapa tempat dalam tubuh anda setelah penanganan.
Check up teratur membantu memberi keyakinan bahwa setiap ada perubahan2 dalam status kesehatan anda akan dicatatkan dan ditangani bila diperlukan. Check up smungkin termasuk suatu pemeriksaan physic, test2 darah, Sinar X dada,  CT scans, dan bronchoscopy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar