DOCTORS APRRECIATION VIDEO

http://www.4shared.com/folder/e_V7F5xx/My_4shared_Sync.html

Rabu, 07 September 2011

KANKER USUS

Apa itu kanker usus?
Kanker usus berasal dari jaringan usus besar (bagian yang paling panjang dari usus) atau dubur (beberapa inchi terakhir dari usus besar sebelum anus). Kebanyakan kanker usus adalah adenocarcinomas (Kanker2 yang dimulai dalam sel2 yang membuat dan mengeluarkan lender dan ciaran lainnya).
Apa yang menyebabkannya?
Tidak ada yang tahu pasti tentang penyebab2 dari kanker usus. Namun, srudi2 telah menunjukkan bahwa orang dengan faktor2 resiko tertentu adalah lebih cendrung dari yang lainnya untuk berkembangnya kanker usus. Faktor2 resiko ini adalah :
1). Colorectal polyps : polip adalah bertumbuh pada dinding dalam dari usus atau dubur dan umumnya orang yang lebih dari 50 thn. Kebanyakan polip jinak (bukan kanker), r uskanktapi beberapa polip (adenomas) dapat menjadi kanker.
2). Ulcerative colitis atau Crohn’s disease : Seseorang yang telah memiliki sebuah kondisi yang menyebabkan peradangan pada usus (seperti ulcerative colitis atau penyakit crohn) untuk beberapa tahun adalah sesuatu yang beresiko besar.
3). Sejarah pribadi dari kanker : Sesorang yang telah pernah kena kanker usus dapat berkembangnya kanker usus kedua kalinya. Juga, wanita dengan suatu sejarah dari indung telur, rahim (endometrium), atau payudara adalah agaknya beresiko yang lebih besar untuk berkembangnya kanker usus.
4). Sejarah keluarga dari kanker usus : Bila anda memiliki sebuah keluarga yang sejarah keluarga positif kanker usus, maka anda adalah cendrung dari orang lain untuk berkembangnya penyakit ini, terutama family anda kena kanker usia muda.
5). Faktor2 gaya hidup : Orang2 yang merokok atau mengkonsumsi suatu menu/ makanan yang gemuk dan sedikit buah2an dan sayuran2 adalah suatu resiko yang besar untuk kanker usus.
6). Umur lebih dari 50 thn : Kanker usus adalah lebih cendrung terjadi pada orang yang mulai tua. Lebih dari 90% dari orang dengan penyakit ini terdiagnose sesudah umur 50 thn atau lebih.
Gejala-gejalanya :
Gejala-gejala dari kanker usus termasuk :
1). Perubahan2 dalam kebiasaan2 buang air besar (diare atau sembelit).
2). Perasaan bahwa buang besar anda tidak sepenuhnya kosong.
3). Kedapatan darah (baik darah merah terang atau sangat besar) dalam berak anda.
4). Kedapatan berak anda lebih kurus dari biasanya.
5). Seringnya merasa sakit2 buang gas atau haid, atau perasaan penuh atau buncit (gembung).
6). Hilangnya berat tanpa diketahui alasan.
7). Perasaan sangat capek sepanjang waktu.
8). Perasaan mual atau muntah.
Sering kebanyakan, gejala2 ini adalah bukan disebabkan oleh kanker. Persoalan2 kesehatan lain dapat menimbulkan gejala2 yang sama. Namun, adalah penting untuk dicatat bahwa kanker yang awal biasanya tidak menimbulkan sakit. Makanya, setiap orang dengan gejala2 ini harus memeriksakan diri ke dokter untuk diagnose dan penanganan sedini mungkin.
Screening (penyaringan).
Test2 screening  membantu dokter anda mencarikan polip2 atau kanker sebelum anda memiliki gejala2. Deteksi awal dari kanker usus akan juga meningkatkaan keefektifan penanganan kanker.
Test2 screening berikut yang dapat digunakan untuk mendeteksi polip2, kanker2, atau ketidaknormalan2 :
1). Faecal occult blood test (FOBT): Kadang2 kanker2 atau polip2 mengeluarkan darah, dan FOBT dapat mendeteksi jumlah kecil dari darah dalam berak. Jika test ini mendeteksi darah, test2 lain adalah diperlukan untuk menemukan sumber dari darah itu. Kondisi2 jinak (seperti haemorrhoids) dapat juga menyebabkan darah dalam berak.
2). Sigmoidoscopy : Dokter menguji dubur anda dan bagian yang lebih bawah dari usus besar dengan sebuah tabung yang diberi terang (sigmoidoscope). Jika polip2 (dubur) tumbuh yang mungkin dihubungkan dengan kanker maka harus diambil/ potong.
3). Colonoscopy : Dokter anda menuji dubur anda dan seluruh usus besar dengan menggunakan sebuah tabung tabung yang panjang dan diberi terang (colooscope). Jika polip2 (dubur) tumbuh yang dihubungkan dengan kanker diketemukan, maka harus diambil / dipotong.
4). Double-contrast barium enema : Prosedur ini melibatkan pengisian usus besar dan dubur dengan sebuah bahan cair (barium) untuk memperbesar gambar2 sinar X. Ketidak normalan (seperti polip2) dapat kelihatan dengan jelas.
5). Digital rectal exam : Sebuah pengujian melalui dubur adalah selalu bagian dari sebuah check up physic rutin. Dokter anda memasukkan sebuah jari yang diberi sarung dan dilumasi kedalam dubur anda untuk merasakan ada ketidak normal2an.



Diagnosis.
Jika anda memiliki sebuah gejala atau hasil screening menunjuk ada kanker usus. Dokter anda harus mencari tahu apakah berasal dari kanker  atau kondisi2 kesehatan lainnya.
Dokter anda akan menanyakan kepribadian anda dan sejarah pengobatan keluarga dan melakukan sebuah pemeriksaan physic.
Jika ketidak normal2an (seperti polip2) diketemukan, sebuah biopsy mungkin diperlukan. Sering, Jaringan yang tidak normal dapat diambil dalam colonoscopy atau sigmodoscopy. Seorang ahli patologi mengecek jaringan itu untuk sel2 kanker dengan menggunakan sebuah mikroskop.
Bagaimana kanker usus dinilai ?
Bila biopsy menunjukkan bahwa ada kanker, dokter anda perlu untuk mengetahui batasan dari penyakit anda untuk merencankan penanganan yang terbaik. Tahapan didasarkan pada apakah tumor itu menyerang jaringan yang terdekat, apakah kanker itu menyebar dan jika demikian bagian mana dari tubuh.
Dokter menerangkan kanker usus dengan tahapan2 sbb :
1). Tahapan 0 : Kanker hanya diketemukan pada lapisan yang paling dalam dari usus besar atau dubur. Bisul kanker dalam situ adalah nama lain untuk kanker usus tahapan 0.
2). Tahapan I : Tumor tumbuh ke dalam dinding dalam usus besar atau dubur. Tumor tidak tumbuh melalui dinding itu.
3). Tahapan II : Tumor itu memperluas lebih dalam ke dalam atau melalui dinding dari usus besar atau dubur. Tumor itu mungkin telah menyerang jaringan terdekat, tapi sel2 kanker belum menyebar ke lymp nodes.  
4). Tahapan IV : Kanker itu telah menyebar ke lymph nodes terdekat, tapi tidak ke bagian lain dari tubuh.
5). Tahapan V : Kanker itu telah menyebar pada bagian lain dari tubuh seperti hati dan paru2.
6). Kambuhan : Tahapan ini adalah kanker yang telah ditangani dan telah kambuh setelah suatu periode waktu dan bila kanker itu belum dapat terdeteksi. Penyakit itu dapat kmbali pada usus besar atau dubur, atau pada bagian lain dari tubuh.
Penanganan apa yang diberikan ?
1). Pembedahan : Pembedahan melibatkan pengambilan dari jaringan yan berisikan tumor dan jaringan2 atau lymph nodes yang terdekat. Tindakan ini bisa dilakukan atauelalui laparoscopy atau pembedahan terbuka.
2). Chemotherapy : Chemotherapy yang menggunakan obat2 anti kanker untuk membunuh/ menciutkan sel2 kanker. Obat2 itu masuk kedalam aliran darah dan dapat mempengaruhi sel2 kanker di seluruh tubuh.
3). Biological therapy : Beberapa orang dengan kanker usus yang telah menyebar menerima suatu antibody monoclonal, suatu bentuk biological therapy. Antibodies monoclonal mengikat pada sel2 kanker colorectal. Antibodies ini menghambat pertumbuhan sel2 kanker.
4). Radiation therapy : Terapi radiasi menggunakan sinar2 bertenaga tinggi untuk membunuh sel2 kanker. Terapi ini sel2 kanker hanya pada area yang ditangani.

1 komentar:

  1. Saya ingin mengkisahkan pengalaman bapak saya yang dahulu nya juga mengidap tumor usus dan beliau tidak mau oprasi dan pemindahan anus ke pinggang,Beliau sudah menempuh brbagai pengobatan dan pada puncak nya sampai pergi ke penang untuk brobat tapi sampai di sana juga tidak ada perkembangan karna bapak tidak mau oprasi dia tetap keukeuh.
    Akhir nya bapak saya disaran kan untuk kembali pulang.

    Pada saat di perjalanan pulang kami ketemu seseorang di airport ...
    Beliau menyarankan untuk segera brobat ke dokter yusuf yang kata nya punya obat untuk menyembuhkan bapak saya tanpa oprasi.
    Karna kata beliau kalau kakak nya juga dulu mengidap tumor usus 12 jari dan sembuh setelah brobat ke dokter yusuf itu selama 4 bulan rutin..
    Beliau pun memberkan no kontak dokter yusuf nya kepada kami.
    Dan beliau brkata tak ada salah nya coba brobat ke beliau seperti itu.
    Akhirnya sesampai nya kami dirumah saya mencoba menghubungi dokter yusuf nya...guna Ingin konsultasi dan brobat dengan beliau.
    Dan kami pun mencoba br ikhtiar selama 4 bulan.
    Kami hanya bisa pesan obat nya saja karna tidak bisa langsung datang ke alamat nya mengiangat kondisi bapak semakin lemah.
    Akhir nya setelah 4 bulan doa kami di jabah allah ...
    Bapak pun sembuh dari tumor usus nya, dan buang air besar nya juga sudah normal lagi. Dan setelah di USG di rumah sakit Hasan sadikin tumor nya sudah menghilang dan juga di endoscopy usus nya juga sudah br sih. Jadi saran saya untuk yang masih sakit dan Ingin sembuh segera coba brobat dengan Dr yusuf.
    Ini nomor nomor beliau.
    0-8-5-3-6-1-6-7-5-2-3-2
    Kalau mau brobat dan Ingin sembuh segera lah hubungi beliau beliau punya obat racikan yang dapat menyembuh penyakit ini tanpa. Oprasi dengan jauh lebih baik dan sudah tr bukti sudah banyak orang yang sembuh.

    BalasHapus